Efektivitas Veggie-Fruit Dart Game terhadap Konsumsi Sayur dan Buah pada Siswa SDN Duri Kepa 05 PG

Authors

  • Syiva Nurul Faridah Esa Unggul University
  • Laras Sitoayu
  • Rachmanida Nuzrina

DOI:

https://doi.org/10.21776/ub.ijhn.2019.006.01.3

Keywords:

Konsumsi, Veggie-Fruit Dart Game, Poster

Abstract

Konsumsi sayur dan buah anak usia sekolah masih kurang dari yang dianjurkan. Rendahnya konsumsi sayur dan buah tersebut dapat diakibatkan oleh pengetahuan yang kurang mengenai pentingnya konsumsi sayur dan buah.  Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas media Veggie-Fruit Dart Game terhadap konsumsi sayur dan buah siswa/i kelas V SDN Duri Kepa 05 PG Jakarta Barat. Jenis penelitian ini adalah Quasi Experimental dengan rancangan penelitian Pretest-Posttest Non-Equivalent Control Goup Design. Penelitian dilaksanakan pada bulan November 2018 – Januari 2019 dengan sampel sebanyak 71 siswa, 35 siswa pada kelompok perlakuan dan 36 siswa pada kelompok kontrol. Analisis data menggunakan uji Wilcoxon dan Independent Sample T-test. Hasil pada kelompok perlakuan didapatkan adanya pengaruh media Veggie-Fruit Dart Game terhadap konsumsi sayur dan buah (p≤0,05). Pada kelompok kontrol didapatkan tidak ada pengaruh yang signifikan media poster terhadap konsumsi sayur dan buah (p≥0,05). Terdapat perbedaan yang signifikan pada konsumsi sayur dan buah (p≤0,05) antara kelompok perlakuan dengan kelompok kontrol. Media Veggie-Fruit Dart Game efektif meningkatkan konsumsi sayur dan buah pada siswa.

Kata kunci : Konsumsi, Veggie-Fruit Dart Game, Poster

Abstract

Vegetable and fruit consumption among school-age children is still less than the recommendation. Lack of knowledge about the importance of vegetable and fruit consumption might cause this low consumption of vegetables and fruits in school-age children. This study aimed to find the effect of Veggie-Fruit Dart Game on vegetable and fruit consumption in fifth-grade students of SDN Duri Kepa 05 PG West Jakarta. This research was a Quasi-Experimental with Pretest-Posttest Non-Equivalent Control Group Design. The study was conducted in November 2018 – January 2019 with a sample of 71 students, 35 students in the treatment group and 36 students in the control group.  The data analysis was using Wilcoxon and Independent Sample T-test. The results in the treatment group showed that there was an influence of Veggie-Fruit Dart Game media on the vegetable and fruit consumption (p≤0.05). In the control group, there was no significant effect of poster media on the vegetable and fruit consumption (p≥0.05). There were significant differences in the vegetable and fruit consumption (p≤0.05) between the treatment and the control group. This study concluded that Veggie-Fruit Dart Game effectively improves the vegetable and fruit consumption among students.

Keywords: Consumption, Veggie-Fruit Dart Game, Poster



References

  • Kementerian Kesehatan RI. Pedoman Gizi Seimbang. Jakarta: Direktorat Jenderal Bina Gizi dan KIA; 2014 (Diunduh 8 Juli 2018). Available from http://gizi.depkes.go.id/download/Pedoman%20Gizi/PGS%20Ok.pdf.
  • Kementerian Kesehatan RI. Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2018. Jakarta : Badan Penelitian dan Pengem-bangan Kesehatan; 2018 (Diunduh 16 Februari 2019). Available from http://www.depkes.go.id/resources/download/general/Hasil%20Riskesdas%202018.pdf
  • Susantya CD, Hassan A. Gambaran Tentang Pengetahuan, Sikap, dan Praktik dalam Konsumsi Buah dan Sayur pada Siswa Kelas 4 di SDN 04 Ciangsana Kabupaten Bogor Tahun 2012. Tidak Dipublikasikan. Jakarta: Universitas Indonesia; 2012.
  • Putri RM, Susmini, Hadi HS. Gam-baran Pengetahuan Sayur Anak Usia 5-12 Tahun di Yayasan Eleos Indonesia Desa Sukodadi Kecamatan Wagir Kabupaten Malang. J Ilmu Kepera-watan Universitas Brawijaya. 2017; 5 (1): 74-80.
  • Azadirachta FL, Sumarmi S. Pendi-dikan Gizi Menggunakan Media Buku Saku Meningkatkan Pengetahuan dan Praktik Konsumsi Sayur dan Buah pada Siswa Sekolah Dasar. Media Gizi Indonesia. 2017; 12 (2): 107-115.
  • Aprilia N. Pengaruh Pemberian Media Motion Gaphic terhadap Peningkatan Pengetahuan dan Sikap Konsumsi Buah dan Sayur antara Kelompok Perlakuan dengan Kelompok Kontrol pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Kapuk Cengkareng Indah Jakarta Barat. Tidak Dipublikasikan. Jakarta: Universitas Esa Unggul; 2018.
  • Saputra MD. Pengaruh Pemberian Edukasi Gizi Melalui Media Video dan Leaflet terhadap Perubahan Konsumsi Buah dan Sayur pada Siswa SMP Al Chasanah Tahun 2016. Tidak dipubli-kasikan. Jakarta: Universitas Esa Unggul; 2016.
  • Bestari GS, Pramono A. Pengaruh Edukasi Gizi Menggunakan Media Buku Saku Cerita Bergambar terhadap Perubahan Konsumsi Buah dan Sayur Anak di PAUD Cemara Semarang. J of Nutrition College. 2014; 3(4): 918-924.
  • Destiyani C. Pengaruh Edukasi Gizi Menggunakan Media Finger Puppets terhadap Konsumsi Buah dan Sayur pada Anak Kelompok A di Taman Kanak-Kanak Negeri Pembina Pon-tianak Barat. J Edukasi Pendidikan Anak Usia Dini. 2016; 4 (2): 1-8.
  • Farisa S. Hubungan Sikap, Penge-tahuan, Ketersediaan, dan Keter-paparan Media Massa dengan Kon-sumsi Buah dan Sayur pada Siswa SMPN 8 Depok Tahun 2012. Tidak Dipublikasikan. Jakarta: Universitas Indonesia; 2012.
  • Kholid A. Promosi Kesehatan. Jakarta: Rajawali Pers; 2014.
  • Nugaha AW. Pengaruh Media Audio-visual Mengenai Sayuran dan Buah terhadap Pengetahuan, Sikap, dan Asupan Sayuran dan Buah pada Remaja di SMPN 4 Setu Bekasi. Tidak Dipublikasikan. Jakarta: Universitas Esa Unggul; 2018.
  • Anggraeni E, Gunawan D, Hanim D. Perbedaan Pengaruh Pelajaran Gizi Menggunakan Media Animasi Dan Ceramah Terhadap Pengetahuan Gizi, Sikap, dan Perilaku Konsumsi Buah Dan Sayur Pada Anak Sekolah Dasar . Tidak Dipublikasikan. Surakarta: Uni-versitas Sebelas Maret; 2014.
  • Sukriyah A. Pengembangan Media Pembelajaran Dart Board Magnetic pada Operasi Bilangan Bulat dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN 01 Wonomulyo Kec. Poncokusumo Malang. Tidak dipubli-kasikan. Malang: Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang; 2018.
  • Cahyani NAP, Bariyyah K, Latifah L. Efektivitas Teknik Permainan Simulasi dengan Menggunakan Media Dart Board untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas VII C SMP Negeri 2 Tegal Siwalan Probolinggo. J Kon-seling Indonesia. 2017; 3 (1): 22-27.
  • Handayani I, Lubis Z, Aritonang EY. Pengaruh Penyuluhan dengan Media Permainan Ular Tangga terhadap Pengetahuan tentang Buah dan Sayur pada Siswa MTs-S Almanar Keca-matan Hamparan Perak. J Ilmiah Penelitian Kesehatan. 2018; 3 (1): 115-123.
  • Listiani D, Prihatnani E. Pengem-bangan Media Pembejalaran Dart Board Math Bagi Siswa Kelas VII SMP. J Pendidikan Matematika. 2018; 4 (1): 21-33.
  • Mukhtaromah ARL. Efektifitas Model Pembelajaran Kooperatif Student Team Achievement Division (STAD) Berbantuan Media Papan Dart Materi Kalor dan Perpindahannya terhadap Hasil Belajar Siswa. Tidak dipubli-kasikan. Semarang: Universitas Negeri Semarang; 2015.
  • Pambudi AS. Pengembangan Media Pembelajaran Dart Game Accounting untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Kompetensi Mengelola Kas Kecil Kelas X Keuangan SMK Muham-madiyah 1 Prambanan Klaten Tahun Ajaran 2016/2017. Kajian Pendidikan Akuntansi Indonesia. 2017; 6 (8): 1-19.
  • Susanti PM, Sukanti. Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Game Tournament (TGT) dengan Media Dart Board untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Akuntansi. J Kajian Pendidikan Akuntansi Indonesia. 2016; 3 (8): 1-16.
  • Ferwanda AF, Munirah L. Efektivitas Buku Edukatif Berbasis Game terhadap Perubahan Pengetahuan serta Sikap tentang Sayur dan Buah. Amerta Nutr. 2017; 1 (4): 389-397.


Downloads


Published

2019-06-30

How to Cite

1.
Faridah SN, Sitoayu L, Nuzrina R. Efektivitas Veggie-Fruit Dart Game terhadap Konsumsi Sayur dan Buah pada Siswa SDN Duri Kepa 05 PG. IJHN [Internet]. 2019 Jun. 30 [cited 2024 Apr. 25];6(1):22-31. Available from: https://ijhn.ub.ac.id/index.php/ijhn/article/view/312

Issue


Section

Articles